SICANTIK: Sistem Pencatatan Informasi Konseling

Rizki Hutama: Developer Sicantik

Tahun 2020, dipicu atas adanya keresahan terhadap masalah privasi dan sekuritas buku konseling, serta kerancuan atas klien yang diberi nama inisial sehingga menyulitkan KS untuk tracking klien beserta masalahnya, tercetuslah sebuah ide untuk membuat sebuah sistem pencatatan digital yang aman dan praktis, ialah Sicantik (Sistem Pencatatan Informasi Konseling). 

Sistem ini digarap oleh Rizki Hutama selaku bidang data dan informasi sekaligus pendidik sebaya. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalamannya di bidang pemrograman, sistem ini telah mulai digunakan pada tahun 2021 hingga saat ini dan terus melakukan pembaharuan. Ke depannya, sistem ini akan dipromosikan ke Forum Genre Jabar untuk digunakan secara masif oleh PIK-R se-Jawa Barat dengan sistem berlangganan.

Tampilan Login Sicantik

Kelebihan sistem ini adalah aman; akses hanya diberikan kepada orang tertentu saja seperti KS, ketua (untuk pengambilan keputusan), admin (untuk pemeliharaan). Mudah, akses melalui situs web perangkat mobile di mana saja tanpa perlu menginstal aplikasi. Tracking untuk rujukan dan status tuntas bisa dilakukan. Data klien lengkap dan privasi terjamin. Pemetaan sasaran menjadi lebih mudah dan selalu update setiap harinya.

Di samping menjadi sarana untuk melakukan pencatatan konseling, jumlah sasaran yang ter-up-to-date terintegrasi dengan data New SIGA, serta rangkuman data masalah yang dikumpulkan pada laman beranda dapat menjadi salah satu rujukan untuk membuat program kerja, sehingga pengambilan keputusan juga berdasarkan data yang akurat dan aktual.
Tampilan Dashboard Sicantik


Posting Komentar

© PIK REMAJA AREGAM. All rights reserved. Distributed by JagoDesain